Electric Scooter for Kids North Charleston South Carolina

Electric Scooter for Kids North Charleston South Carolina

Akuntansi Jelaskan hambatan ekonomi dilihat dari kurs mata uang

Jelaskan hambatan ekonomi dilihat dari kurs mata uang

Hambatan ekonomi dilihat dari kurs mata uang adalah jika kurs melemah harga produk di negara tersebut akan melambung tinggi. Pada akhirnya membuat inflasi tinggi dan daya beli melemah. Jika demikian maka pertumbuhan ekonomi akan mengalami tekanan.

Pembahasan

Kurs mata uang adalah acuan nilai mata uang sebuah negara terhadap mata uang lainnya. Nilai acuan ini berguna untuk melakukan perdagangan skala internasional dan pembayaran utang-piutang negara. Jika dalam hal ini Rupiah melemah terhadap Dollar AS, maka Dollar AS akan menjadi mahal. Dari yang semula US$ 1 = Rp 12.000 menjadi US$ 1 = Rp 14.000 menunjukan mata uang Rupiah merosot terhadap dollar.

Pada akhirnya saat impor dan membayar utang maka Rupiah yang dikeluarkan akan semakin besar. Hal ini bisa membuat Indonesia mengalami kerugian nilai tukar.

Bayangkan saja, jika bahan baku sebuah produk impor di saat rupiah melemah maka ongkos produksi akan semakin mahal. Hal ini yang pada akhirnya dirasakan oleh masyarakat karena harga akan ikut terdongkrak naik. Hal ini menyebabkan inflasi, sedangkan di sisi lain pendapatan dalam Rupiah relatif tetap. Maka tentu daya beli akan melemah. Pada akhirnya tingkat pertumbuhan ekonomi akan turun karena masyarakat akan menahan belanja atau memilih barang substitusi dengan harga lebih murah.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang dampak dari inflasi https://brainly.co.id/tugas/6333913

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ4

[answer.2.content]