Electric Scooter for Kids North Charleston South Carolina

Electric Scooter for Kids North Charleston South Carolina

PPKn Jelaskan hubungan kebangkitan nasional sumpah pemuda dengan proklamasi kemerdekaan ri

Jelaskan hubungan kebangkitan nasional sumpah pemuda dengan proklamasi kemerdekaan ri

Berikut adalah keterkaitan antara kebangkitan Nasional dan adanya sumpah pemuda dengan proklamasi kemerdekaan memiliki hubungan keterkaitan satu sama lain.

Proses pertama diawali dengan adanya Kebangkitan Nasional dimana masyarakat Indonesia pada saat itu mulai menginginkan adanya perubahan nasib, sehingga niatan tersebut mendorong gerakan persatuan pelajar-pelajar Indonesia (PPPI) untuk bersatu melawan dan akhirnya membuat Kongres Pemuda. Langkah tersebut sebagai awal dari perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia hingga berlanjut pada titik puncaknya pada 17 Agustus 1945 Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Pembahasan:

Pada awal abad XX, dalam masa ini muncul sekelompok masyarakat Indonesia yang menginginkan adanya perubahan karena penindasan dan penjajahan berdasarkan pengalaman pahit yang diperoleh pemimpin-pemimpin bangsa kita dalam kegagalan melakukan perlawanan fisik melawan belanda yang tidak terkoordinir.

Sehingga bangsa indonesia terdorong mengubah sistem perlawanan kolonialisme Belanda dengan cara menyadarkan seluruh rakyat akan pentingnya bernegara. Maka lahirlah sebuah organisasi bernama Budi Utomo yang dipelopori oleh dr. Wahidin Sudirohusodo sebagai pada tanggal 20 Mei 1908.

Pada tanggal kelahiran Budi Utomo dianggap sebagai mulainya kebangkitan nasional karena menggunakan strategi perjuangan yang baru dan berbeda dengan perjuangan sebelumnya. Setelah berdirinya Budi Utomo maka bermunculanlah perkumpulan-perkumpulan dan pergerakan yang bersifat luas antara lain.

Salah satu organisasi tersebut adalah Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) sebagai organisasi kemahasiswaan pertama dan pada tanggal 26-28 Oktober 1928 diadakan kongres pemuda ke dua. Setelah mereka mengadakan pembahasan, mereka sampai pada satu kesimpulan, bahwa jika bangsa Indonesia ingin merdeka, bangsa Indonesia harus bersatu. Untuk itu mereka bersumpah yang terkenal dengan nama Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada akhir kongres yaitu pada tanggal 28 Oktober 1928.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Kongres Pemuda dapat disimak di https://brainly.co.id/tugas/4719056

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]