Electric Scooter for Kids North Charleston South Carolina

Electric Scooter for Kids North Charleston South Carolina

PPKn Jelaskan korelasi antara sumber hukum formil dengan sumber hukum materiil, berikan contohnya.

Jelaskan korelasi antara sumber hukum formil dengan sumber hukum materiil, berikan contohnya.

Korelasi atau hubungan antara sumber hukum formil dan sumber hukum materiil adalah sumber hukum materiil tidak bisa memiliki kekuatan hukum jika tidak diformilkan atau diundangkan. Jadi keberadaan sumber hukum formil mengakibatkan sumber hukum materiil tidak memiliki kekuatan hukum. Contoh sumber hukum materiil adalah hukum agama dan kesusilaan. Contoh sumber hukum formil yaitu UUD, UU, traktat, yurisprudensi, doktrin, dan kebiasaan.                    

Pembahasan                                      

Hukum memiliki kaitan yang erat dengan kepastian. Hukum dapat menciptakan kepastian dalam mengatur hubungan antara orang-orang yang ada di dalam masyarakat. Masalah kepastian hukum ini berkaitan erat dengan masalah dari mana hukum itu berasal. Definisi sumber hukum menurut C.S.T. Kansil adalah segala sesutau yang menimbulkan aturan-aturan yang mempunyai kekuatan yang bersifat memaksa sehingga jika dilanggar akan mengakibatkan sanksi yang tegas dan nyata.

Hukum materiil merupakan hukum yang dipandang dari segi isinya dimana materi atau isi hukumnya didapatkan yang mana sumber hukum materiil tadi tidak memiliki kekuatan hukum. sedangkan hukum formil adalah hukum yang ditinjau dari segi pembentukannya dan telah memiliki kekuatan hukum.

Pelajari lebih lanjut

Plajari lebih lanjut tentang materi perbedaan sumber hukum materiil dan formil pada link brainly.co.id/tugas/82648                  

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

[answer.2.content]